Polusi Udara London bisa Bahayakan Atlet Olimpiade 2012

Posted: 28 Juli 2012 in Artikel
Tag:, , , , , , , , ,

Olimpiade XXX akan diselenggarakan di kota London mulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Sayangnya, kualitas udara yang buruk dapat menimbulkan masalah bagi para atlet yang mencoba memecahkan rekor dunia. Para ilmuwan di Inggris mengatakan bahwa tahun ini, tingkat polusi di London mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 2006.

Para ilmuwan dari King College University mengatakan bahwa tingkat polusi ozon dan suhu udara di London sudah melampaui pedoman yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan berpotensi menyebabkan gangguan napas bagi para atlet. Saat ini, setidaknya ada 17.000 atlet dari lebih dari 200 negara yang akan berpartisipasi dalam 26 cabang olahraga yang akan bertanding di London.

“Manusia tidak akan bisa mendapat cukup oksigen untuk tubuhnya agar dapat beraktifitas penuh secara optimal sampai tingkat tertinggi. Itu artinya para atlet mungkin tidak akan dapat memecahkan rekor di bawah kondisi seperti ini,” kata Profesor Frank Kelly, Direktur King’s College London’s Environmental Research Group seperti dilansir Reuters, Jumat (27/7/2012).

Pemerintah Inggris telah mengeluarkan peringatan mengenai tingkat konsentrasi ozon di bagian selatan Inggris yang mencapai lebih dari 190 mikrogram per meter kubik pada Rabu (25/7/2012) lalu. Sedangkan batasan yang ditetapkan WHO adalah 100 mikrogram per meter kubik. Tingkat polusi ini ditemukan tertinggi di London, tapi di beberapa daerah lain di Inggris dan Wales juga dapat terpengaruh.

Kondisi ini dianggap tidak ideal untuk melakukan kegiatan atletik, apalagi untuk event dengan jangka waktu yang panjang. Atlet dianggap sangat rentan karena menghirup banyak udara dengan sangat cepat selama beberapa jam. Bahkan penduduk London yang bukan menjadi peserta Olimpiade saja mungkin akan waspada dengan tingkat polusi ini.

“Mungkin sekitar 20 persen dari populasi yang sehat akan merasakan sesak dada saat menjalani aktivitas normal sehari-hari. Untuk orang yang melakukan olahraga fisik, dampak yang dirasakan mungkin lebih kuat,” kata Kelly.

Pejabat pemerintah setempat mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak akan terpengaruh oleh kenaikan ozon ini, tetapi bagi penderita penyakit jantung atau paru-paru mungkin mengalami peningkatan gejala penyakit. Peningkatan konsentrasi ozon disebabkan oleh pemanasan suhu yang dihasilkan polusi lalu lintas dan industri.

“Ini adalah ‘musim panas asap’ yang terburuk selama bertahun-tahun. Pemerintah harus memastikan masyarakat mendapat peringatan. Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade juga harus mendapat informasi ini sehingga atlet dan tim dapat membuat penilaian sendiri akan potensi resiko kesehatan,” kata Simon Birkett, pendiri dan direktur kelompok kampanye Clean Air in London.

Menurut harian the Guardian, peringatan ini adalah peringatan serius pertama sejak undang-undang baru mengenai informasi publik terkait tingkat polusi mulai berlaku pada tahun 2008. Asap atau smog musim panas ini juga dikabarkan sebagai yang terburuk di Inggris semenjak tahun 2006.

http://health.detik.com/read/2012/07/27/162532/1976844/763/polusi-udara-london-bisa-bahayakan-atlet-olimpiade-2012?l1102755

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s