Masjid-masjid Unik di Indonesia (part. 2)

Posted: 22 Juli 2012 in Artikel
Tag:, , , , , , , , , ,

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tentu Indonesia juga memiliki banyak masjid dan musala yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Bahkan banyak kota di Indonesia yang dijuluki sebagai kota santri. Setiap masjid di Indonesia memiliki nilai sejarah masing-masing. Karena Islam masuk ke nusantara sudah sejak berabad-abad lalu.

Dari ribuan masjid yang ada di Indonesia, ada beberapa masjid yang memiliki keunikan, baik dari faktor bangunan fisik maupun nilai sejarah yang dikandungnya. Berikut beberapa masjid unik yang ada di Indonesia:

5. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Masjid Menara Kudus atau Masjid Al Aqsa merupakan salah satu masjid yang cukup tua di Jawa Tengah. Bangunan masjid ini menyerupai candi Hindu yang didirikan pada tahun 956 H atau 1549 M oleh Jafar Shodiq (lebih dikenal sebagai Sunan Kudus). Menurut catatan yang terukir di batu tulis masjid ini, nama Al-Aqsa diambil dari nama Masjid di daerah Al-Quds Palestina.

Bangunan Masjid Menara Kudus terdiri dari 3 bagian yaitu kaki, badan dan puncak yang sekelilingnya dihiasi piringan-piringan bergambar berjumlah 32 buah. 20 buah diantaranya berwarna biru dan dihiasi oleh lukisan masjid, manusia dengan unta, dan pohon kurma. 12 buah lainnya berwarna merah putih dihiasi dengan lukisan bunga. Di bagian belakang Masjid terdapat komplek makam Sunan Kudus yang selalu ramai dikunjungi peziarah.

6. Masjid Cipari Wanaraja, Garut

Masjid Cipari Wanaraja yang didirikan pada tahun 1936 di Garut ini merupakan saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Masjid yang terletak di Kampung Babakan Cipari, Desa Cipari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut ini saat masa perang kemerdekaan berfungsi sebagai pesantren sekaligus tempat latihan perang, dan pertahanan pejuang kemerdekaan.

Sementara pada zaman G30S/PKI, masjid ini menjadi tempat perjuangan melawan PKI, tempat pertemuan tokoh-tokoh Islam, pertahanan dan perlindungan, serta dapur umum. Saat ini masjid Cipari berfungsi sebagai masjid dan madrasah. Masjid ini berbentuk empat persegi panjang berukuran 30 m x 10 m dan memiliki 40 jendela kaca berkuran 120 cm x 60 cm. Sementara arsitekturnya lebih mirip dengan bangunan gereja.

7. Masjid Al Markaz, Makassar

Masyarakat Makassar Sulawesi Selatan memiliki masjid yang menjadi kebanggaan mereka yakni Masjid Al-Markaz. Tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Makassar, masjid ini juga menjadi pusat pengembangan agama Islam Asia Tenggara.

Masjid yang didirikan pada 12 Januari 1996 atau 27 Syaban 1416 H dan diprakarsai oleh Muhammad Jusuf. Masjid ini terletak di Jalan Masjid Raya Makassar, kecamatan Bontala, Makassar.

Arsitektur masjid tersebut dipengaruhi oleh Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini tidak memiliki kubah tetapi memiliki kuncup segi empat mirip rumah Bugis.

8. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid kebanggaan rakyat Aceh. Masjid ini menjadi saksi bisu sejarah perjuangan rakyat Aceh melawan penjajahan Belanda. Yang menarik dari masjid ini ketika bencana alam tsunami menghantam Aceh. Masjid ini tetap kokoh berdiri dan menjadi tempat perlindungan ratusan warga Aceh, sementara bangunan-bangunan di sekitar masjid tersebut rata dengan tanah dihantam tsunami.

Masjid megah di pusat kota Banda Aceh ini dibangun pada tahun 1292 dimasa pemerintahan Sultan Alaidini Mahmudsyah I. Masjid yang telah mengalami lima kali renovasi ini merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia yang memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk. Ruangan dalam berlantai marmer berasal dari Italia.

http://ramadan.detik.com/read/2012/07/21/084529/1971126/631/1/ini-dia-8-masjid-unik-di-indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s