Masjid-masjid Unik di Indonesia (part. 1)

Posted: 21 Juli 2012 in Artikel
Tag:, , , , , , , ,

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tentu Indonesia juga memiliki banyak masjid dan musala yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Bahkan banyak kota di Indonesia yang dijuluki sebagai kota santri. Setiap masjid di Indonesia memiliki nilai sejarah masing-masing. Karena Islam masuk ke nusantara sudah sejak berabad-abad lalu.

Dari ribuan masjid yang ada di Indonesia, ada beberapa masjid yang memiliki keunikan, baik dari faktor bangunan fisik maupun nilai sejarah yang dikandungnya. Berikut beberapa masjid unik yang ada di Indonesia:

1. Masjid Bawah Tanah Tamansari, Yogyakarta

Sesuai namanya, Masjid Bawah Tanah Tamansari berada di bawah tanah. Tepatnya ada di bawah di kompleks pemandian Raja Yogyakarta, Tamansari. Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai, di mana di setiap lantainya terdapat lubang-lubang yang berfungsi untuk tempat salatnya imam. Kedua lantai tersebut dihubungkan oleh lima tangga. Lima tangga ini melambangkan salat lima waktu.

Di bawah kelima tangga tersebut terdapat kolam yang dulu digunakan untuk wudlu. Keunikan lainnya adalah bentuk bangunan masjid yang berbentuk lingkaran, sehingga membantu proses pemantulan suara. Suara adzan pun dapat berkumandang tanpa bantuan mikrofon. Namun saat ini masjid yang bernuansa syahdu ini tidak lagi digunakan untuk beribadah.

2. Masjid Pintu Seribu Nurul Yakin, Tangerang

Sesuai dengan namanya, Masjid Pintu Seribu Nurul Yakin Tangerang atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Sewu ini memiliki seribu pintu. Masjid ini terletak di RT 01 RW 03, Kampung Bayur, Priuk, Kota Tangerang. Pendirinya adalah seorang penyebar agama Islam berasal dari Arab bernama Alfakir Syekh Mahdi Hasan Alqudrotillah Almuqoddam.

Bangunan masjid ini disekat-sekat menjadi enam ruangan seperti mushala, di mana luas setiap ruangannya adalah sekitar 4 meter. Setiap ruangan memiliki nama masing-masing yaitu mushala Fathulqorib, Tanbihul-Alghafilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Najah, Fatimah hingga mushala Ratu Ayu.

Tak hanya itu, di masjid ini juga tersimpan tasbih raksasa yang disimpan di dalam ruang berteralis besi dengan ukuran masing-masing butir tasihnya berdiameter 10 cm. Di 99 butir tasbih tersebut tertulis asma’ul Husna.

3. Masjid Perahu, Jakarta Selatan

Sebenarnya, bentuk bangunan Masjid Perahu ini sama dengan masjid-masjid pada umumnya. Namun, ada bangunan berbentuk perahu yang berdiri megah di samping bangunan masjid ini.

Masjid yang terletak di Jalan Casablanca RT 03 RW 05 Nomor 38 Menteng Dalam, Jakarta Selatan ini didirikan oleh Abdurrahman Masum pada tahun 1960. Ia memilih bentuk perahu pada bangunan sebelah masjid karena terinspirasi dari kisah Nabi Nuh yang berhasil menyelamatkan umatnya dengan perahu. Di dalam bangunan ini terdapat sebuah sumur yang diyakini dibuat oleh Sunan Bonang, salah satu tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Di sebelah kanan sumur terdapat ruangan yang khusus digunakan untuk khalwat (duduk dan berdiam diri).

Tak hanya itu, masjid dengan luas 2.000 meter persegi ini menyimpan Alquran raksasa berukuran 2 x 1,5 meter dengan ketebalan sekitar 30 cm. Kulit luarnya terbuat dari kayu jati yang berukirkan ayat Alquran yang rumit.

4. Masjid Kremlin, Yogyakarta

Masjid An Nurumi atau Masjid Kremlin menjadi unik karena memiliki arsitektur yang mirip dengan bangunan di Moscow, Rusia. Masjid ini berdiri megah di Jalan Solo KM 15, Candisari, Yogyakarta. Ada juga masyarakat yang menamainya masjid permen karena kubahnya yang berwarna-warni.

bersambung..

http://ramadan.detik.com/read/2012/07/21/084529/1971126/631/ini-dia-8-masjid-unik-di-indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s