Rahasia Fit Saat Puasa (part. 1)

Posted: 19 Juli 2012 in Tips dan Trik
Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

Bagaimana agar tetap FIT saat puasa ramadhan?bagaimana agar bisa puasa sebulan penuh & tetap sehat?

1. MINUM CUKUP

Kebutuhan cairan manusia kira2 1L tiap 25kg BB tiap hari(tanpa olahraga). MISAL: Berat Badan(BB) Mr.X 65kg, berarti dlm 1hari Mr.X harus minum sekitar 2,5 Liter(2500cc) cairan. Kecukupan minum adalah HAL YG WAJIB DIPENUHI agar TETAP FIT BEKERJA selama Ramadhan.
Dehidrasi (kuran cairan) adalah MUSUH UTAMA bagi prajurit” -Lt.Harry, Band Of Brothers- Hal ini berlaku juga untuk orang yang puasa. Saat Ramadan, waktu minum hanya sekitar 10jam (termasuk waktu tidur),jadi HARUS TERATUR MINUM tiap jam (saat tidak tidur).
Tanda kecukupan cairan : kencing berwarna bening (jernih tidak kuning) saat malam hari.
Saat sahur, biasakan minum antara 0,5-1 Liter Cairan (utk org dewasa), untuk persiapan aktifitas seharian. Kekurangan minum akan berakibat dehidrasi, dg gejala LEMAH, LETIH dan TIDAK KUAT BEKERJA.
Bagaimana bila saat mudik terus kepanasan-dehidrasi di jalan? Simak Hadist shahih berikut:.

Rasulullah saw. bersabda: “Bukan termasuk kebaikan kalian berpuasa dalam perjalanan.” (Shahih Muslim No.1879)


2. TIDUR CUKUP

bila kita cukup tidur, semua kerusakan tubuh karena bekerja seharian dipulihkan. Tidurlah 4-8 jam sehari tergantung kebutuhan. Tanda cukup tidur adalah badan segar saat bangun.
Wallahu a’lam..

sumber : http://www.facebook.com/notes/acil-priyatiningsih/rahasia-fit-saat-puasa/10150918591941965

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s