Bentuk dan Warna Kuku Berhubungan dengan Kesehatan

Posted: 23 Maret 2012 in Artikel, Berita
Tag:, , , , , , , ,

Tahukah Anda bahwa bentuk dan warna kuku dapat menggambarkan bagaimana status kesehatan secara keseluruhan? Perubahan yang terjadi di kuku bisa mengindikasikan adanya gangguan pada tubuh, seperti pada hati, paru-paru bahkan jantung.

Kuku merupakan struktur penting yang bertindak sebagai pelindung dan meningkatkan sensasi pada ujung jari. Ujung jari memiliki banyak ujung saraf, yang memungkingkan mendapatkan informasi kesehatan hanya dengan melihat bentuk dan warna kuku.

Berikut beberapa bentuk dan warna kuku serta arti kesehatannya, seperti dikutip webmd, Kamis (22/3/2012):

Kuku normal
Kuku yang normal dan sehat tampak berwarna merah muda dan bercahaya. Kuku juga tampak kuat, tubuh dengan mudah dan normal (tidak ada kelainan seperti kering atau retak-retak), serta akan melengkung sedikit ketika ditekan (tidak keras).

Kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dari kuku jari kaki dengan kecepatan per bulan sekitar 3 mm dan dibutuhkan 6 bulan untuk kuku tumbuh dari akar ke tepi garis. Sedangkan kecepatan tumbuh kuku kaki 1 mm per bulan dan membutuhkan 12-18 bulan untuk tumbuh dari akar ke ujung kuku.

Kuku pucat
Kuku sangat pucat kadang-kadang bisa merupakan tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati dan malnutrisi.

Kuku putih
Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan pinggiran gelap, ini dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis. Dalam gambar ini, Anda dapat melihat jari-jari juga kuning, tanda lain dari masalah hati.

Kuku kuning
Salah satu penyebab kuku kuning adalah infeksi jamur. Jika infeksi semakin memburuk, kuku dapat terlepas, menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid, diabetes, penyakit paru-paru atau psoriasis.

Kuku kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.
img

Kuku bergelombang
Jika permukaan kuku bergelombang, itu mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau radang arthritis. Perubahan warna kuku juga biasa terjadi, yaitu kulit di bawah kuku dapat tampak coklat kemerahan.

Kuku retak-retak
Kuku kering, rapuh dan sering retak atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Retakan kuku yang dikombinasi dengan warna kekuningan lebih mungkin terjadi karena infeksi jamur.

Bengkak di sekitar kuku
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini biasa dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Kondisi ini bisa terjadi karena penyakit lupus atau kelainan jaringan ikat. Infeksi juga dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku.

Terdapat garis gelap
Garis hitam di kuku harus diselidiki sesegara mungkin. Kondisi ini kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.

http://health.detik.com/read/2012/03/22/162825/1874662/763/10/kuku-dan-arti-kesehatannyal1102755

Iklan
Komentar
  1. Terimakasih atas informasinya yang sangat menarik dan bermanfaat…
    Kesehatan kuku merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kuku, maka kita juga akan mengurangi resiko terkena penyakit, karena kuku merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan bagian tubuh lainnya, maka kesehatannya sangat penting untuk dijaga šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s