Cuaca Buruk Tak Terkait Badai Matahari

Posted: 30 Januari 2012 in Artikel, Berita
Tag:, , , , , , , , , ,

Cuaca ekstrim dan angin kencang yang terjadi belakangan ini tak terkait badai matahari.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menegaskan cuaca ekstrim dan angin kencang yang terjadi belakangan ini tidak terkait dengan badai matahari yang masih terjadi saat ini.

“Tidak ada pengaruhnya. Cuaca yang berubah-ubah dan angin kencang ini lebih karena musim penghujan dan posisi matahari,” kata Sutopo dalam pesan singkat, Minggu malam 29 Januari 2012.

Dia menjelaskan posisi matahari saat ini ada di bagian selatan dan siklon tropis pun terkumpul di sana. “Sehingga berpengaruh terhadap cuaca di Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, BNPB mencatat 35 kabupaten/kota di Jawa dan Bali terkena puting beliung dalam empat hari terakhir, yakni 25-29 Januari 2012. BNPB juga mencatat 14 orang meninggal dunia, 60 orang luka-luka dan 2.364 rumah rusak. 14 korban meninggal akibat kejatuhan pohon tumbang, yaitu 3 orang di Tabanan, 3 orang di Purbalingga, 2 orang di Kediri, 2 orang di Banyumas.

Sedangkan di Jakarta Selatan, Wonosobo, Ciamis, dan Pasuruan masing-masing seorang. Berdasarkan jumlah kerusakan rumah yang terparah terjadi Kepulauan Seribu, Banyumas, Banjarnegara dan Situbondo.

Sutopo melanjutkan, kerusakan rumah yang disebabkan bencana puting beliung bervariasi. Dari rusak ringan hingga roboh. Umumnya kerusakan karena terkena pohon roboh dan atap rumah yang terangkat oleh angin.

“Kejadian puting beliung yang masif tersebut sangat dipengaruhi adanya siklon tropis Iggy di selatan Nusa Tenggara dan Bali,” jelasnya. Saat ini, kata Sutopo, siklon tropis Iggy sudah makin melemah dan menjauhi wilayah Indonesia.

http://nasional.vivanews.com/news/read/283835-cuaca-buruk-tak-terkait-badai-matahari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s