Lelah Bekerja Bikin Cepat Lupa & Sulit Tidur

Posted: 27 Januari 2012 in Artikel, Berita
Tag:, , , , , ,

SEBAGIAN besar dari kita merupakan seorang profesional yang memiliki segudang pekerjaan yang wajib dilakoni. Kemampuan tubuh mengatasi hal-hal yang dijalani kadang lupa jika memiliki batasan, sehingga tak semua pekerjaan dapat berjalan sempurna.

Jika terus dipaksa, maka secara alami sistem tubuh mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi bila fisik dan pikiran telah merasa lelah.

Nah, saatnya ketahui gangguan-gangguan kesehatan yang menandakan Anda terlalu banyak bekerja, sebagaimana dilansir Boldsky.

Sulit tidur

Ini salah satu tanda pertama bahwa Anda mengalami stres. Tidak bisa tidur terjadi karena pikiran Anda terus berputar memikirkan hal-hal yang sudah dilewati selama seharian atau merasa khawatir dengan apa saja yang harus dipersiapkan untuk besok. Jika Anda tidak bisa tidur, maka bagaimana Anda akan menghilangkan stres dari rutinitas kesehatan Anda?

Lebih cepat lupa

Bekerja terlalu banyak akan memengaruhi kualitas daya ingat pada otak karena terlalu banyak hal yang ada di otak Anda. Efeknya, Anda menjadi sering dan mudah lupa. Hal ini terjadi dikarenakan ada penyimpangan insidental dalam memori Anda. Tanda-tandanya bila Anda tidak mampu mengingat apa yang telah dilakukan dalam jangka waktu yang lalu atau tugas penting hanya akan menyelinap di pikiran dan selanjutnya Anda akan lupa. Ini adalah sinyal dari otak Anda yang tidak dapat mengambil informasi lebih banyak lagi.

Lebih ceroboh

Sesekali melakukan kecerobohan adalah suatu hal yang wajar. Namun kalau kecerobohan yang Anda lakukan lebih sering dari biasanya, bisa jadi itu disebabkan Anda mengalami tekanan pekerjaan. Anda akan melakukan hal-hal yang keluar dari karakter, seperti meninggalkan pintu depan terbuka atau kehilangan dokumen penting karena pikiran Anda tidak lagi dapat lebih waspada dari biasanya.

Gangguan pencernaan

Ketika Anda bekerja tanpa kenal waktu, maka seluruh jam biologis yang awalnya sudah ter-setting dengan baik pada diri Anda otomatis akan ikut terganggu. Jam makan berantakan. Hasilnya, pencernaan Anda pun tidak selalu akan mencerna dengan baik apa pun yang dimakan.

Selera makan berkurang, bahkan pada makanan favorit

Anda mungkin memiliki selera makan yang rendah untuk makanan secara umum, itu adalah normal. Tapi ketika makanan yang Anda sangat sukai pun tak menggoyahkan hasrat lagi, Anda berarti benar-benar sedang dalam keadaan tertekan. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya, tubuh secara alami memiliki caranya sendiri untuk “marah” dan tidak menerima hal-hal yang semestinya dapat memerbaiki “mood”.

Gairah seks menurun

Ketika Anda bercinta, endorphin dilepaskan dalam tubuh yang membantu membuat Anda bahagia. Tetapi sebagai gejala awal, kelelahan menunjukkan pada tubuh Anda terlalu lelah atau terlalu tegang untuk bercinta. Kalau itu yang terjadi, Anda benar-benar harus segera mengambil waktu senggang untuk relaksasi.

Fluktuasi tekanan darah

Ketika Anda dilanda kecemasan, maka terjadi fluktuasi besar dalam tekanan darah Anda. Kadang-kadang Anda merasa lesu, namun ketika marah Anda akan sangat emosi.

http://health.okezone.com/read/2012/01/26/486/564246/lelah-bekerja-bikin-cepat-lupa-sulit-tidur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s