Tips Menjaga Kesehatan Mata

Posted: 7 Oktober 2011 in 1
Tag:, , , , , , , ,

Mata adalah jendela hati dan jendela dunia. Dengan mata, kita bisa melihat segala hal. Tentunya, mata yang sehat akan memberikan lebih banyak manfaat. Sayangnya, mata yang sehat kini susah di dapatkan. Baik karena kebiasaan, tuntutan pekerjaan, atau mungkin karena faktor genetika. Saya sendiri hidup diantara orang-orang yang berkacamata, jadi saya tau betul apa saja yang harus dilakukan untuk (setidaknya) mengurangi atau mencegah efek buruk mata yang tidak sehat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan mata yang tidak hanya sehat, tapi juga cantik dan menawan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jika mata anda belum mengalami kelainan seperti minus atau plus, sebaiknya jangan pernah membaca buku atau menonton di tempat gelap (tidak termasuk kasus nonton di bioskop ya)

2. Jangan menonton televisi atau monitor komputer/laptop dalam jarak yang terlalu dekat. Usahakan tingkat brightness ada pada level terrendah. Ini dimaksudkan agar mata anda tidak cepat lelah.

3. Istirahatkan mata setiap 20-30 menit sekali jika anda bekerja dalam waktu lama di depan layar monitor.

4. Jika berada di lingkungan outdoor, selalu lingdungi mata anda dengan kacamata. Karena sinar matahari langsung tidak baik bagi mata. Selain itu, menggunakan kacamata bisa mengurangi resiko kelilipan.

5. Jika sudah kelilipan, jangan dikucek dengan kasar. Penggunaan obat tetes mata akan lebih baik ketimbang harus mengucek mata.

6. Jauhi asap rokok.

7. Banyak-banyak minum air putih untuk keseimbangan nutrisi tubuh. Juga banyak mengkonsumsi makanan atau sayuran yang mengandung Vitamin A. efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

8. Kurangi jam menonton televisi. Sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan?

9. Rutin memeriksa kesehatan mata minimal setahun sekali.

10. Bagi anda yang menggunakan lensa kontak, pastikan kehigienisannya. Lensa kontak yang kotor akan membuat mata tidak nyaman dan bisa beresiko fatal.

11. Bagi anda yang berkacamata, kacamata yang bersih akan memberikan penglihatan yang lebih baik dan mempermudah kerja mata. Ada cairan khusus untuk membersihkan kacamata di optik terdekat.

12. Jangan begadang. Ada beberapa orang yang akan terlihat seperti ‘panda’ ketika ia kurang tidur.

13. Jika mata panda sudah muncul, pakailah concealer untuk menyamarkannya.

Wow, banyak banget. Mudah-mudahan tipsnya bermanfaat ya!

http://lestaritania.blogdetik.com/2011/10/05/tips-menjaga-kesehatan-mata/?l991101blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s