Pengetahuan Umum dari Hal-hal Unik (Bag. 1)

Posted: 29 November 2010 in Artikel
Tag:, ,


MAKANAN

Mengapa Susu baik untuk tubuh??
Susu adalah minuman yang sempurna karena kita bisa hidup hanya dengan susu tanpa makan apa pun. Susu mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh, misalnya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan juga vitamin. Makanan sempurna lainnya adalah telur.

Apa benar ada stroberi dalam susu rasa stroberi??

Buah- buahan yg memiliki kandungan vitamin C paling tinggi adalah stroberi. Komposisinya 80 mg per 100 g stroberi. Jumlah vitamin Cnya dua kali lebih banyak dari jeruk. Bila makan 5-6 per hari, sama saja telah memenuhi kebutuhan vitamin C perhari ( 50 mg ). Lebih baik lagi kalau makan bersama susu atau krim. Susu atau krim mengurangi rasa asam stroberi, dan memenuhi gizi yang kurang pada stroberi, yaitu lemak dan protein.

Mengapa Nasi sulit matang di daerah tinggi??

Tekanan udara di daerah gunung lebih rendah daripada di dataran rendah sehingga air matang sebelum suhu mencapai 100 derajat celcius. Karena itu, nasi yang dimasak di gunung akan kurang matang karena airnya matang lebih dulu. Untuk itu, sebaiknya menaruh benda berat di atas tutup panci saat memasak di gunung guna menaikkan tekanan udara di dalam panci dan mencegah uap air keluar.

Mengapa kalau Udang direbus, warnanya berubah??
Zat pigmen astaxanthin di kulit udang, lobster, kepiting bersatu dengan protein. Bila hewan jenis Crustacea ini dipanaskan, protein dan astaxanthin akan terpisah sehingga kulitnya menunjukkan warna merah muda, warna asli astaxanthin.

Mengapa kita Cegukan bila makan cabai??
Diafragma adalah sekat rongga antara dada dan perut, di bawah paru-paru. Cegukan adalah suara yang ditimbulkan oleh getaran diafragma ketika lambung membesar. Cegukan bisa disebabkan oleh makanan pedas atau panas yg dimakan bersamaan dengan waktu bernapas. Cara menghentikannya adalah dengan cara menahan napas atau dikagetkan, bisa juga dengan air es atau menghirup karbondioksida di dalam palstik yang sudah ditiup.

Apa beda Buah dan Sayuran??
Dalam pengertian masyarakat luas, hasil tumbuhan jenis pohon disebut buah dan hasil tumbuhan berbatang lunak disebut sayuran. Contoh buah adalah apel, mangga, jambu, dan lain-lain. Contoh sayuran adalah tomat, stroberi, nenas, cabai, terong, mentimun, dan sebagainya.

Secara umum buah itu berdaging, manis, harum dan mengandung banyak air, sedangkan sayuran ditanam di ladang untuk dimakan akar, batang, dan daunnya. Namun dalam pengertian botani/biologi, buah merupakan organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan modifikasi lanjut bakal buah ( ovarium ). Jadi, menurut pengertian ini, tomat, cabai, jagung, padi termasuk buah.

sumber : apakabardunia.com

Komentar
  1. anang nurcahyo mengatakan:

    materi menarik.. trima kasih telah berbagi…

  2. Aha Gambreng mengatakan:

    hem.. unik dan menarik… hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s