Memulai Hari dengan Hal Sederhana

Posted: 18 Oktober 2010 in Tips dan Trik
Tag:, , ,

Pagi hari selalu identik dengan terburu-buru. Dengan waktu yang sempit sejak bangun tidur dan harus memulai rutinitas seharian yang panjang. Anak-anak harus pergi sekolah atau orangtua berangkat kerja.

Banyak orang yang mengeluh tidak bisa menikmati pagi karena seakan selalu dikejar-kejar waktu, kecuali saat libur. Benarkah seperti itu?

dr Phaidon L Toruan MM, corporate health trainer yang banyak berkecimpung tentang gaya hidup sehat memberikan tips sederhana bagaimana memulai hari dengan baik.

“Kalau kita memulai hari dengan hal-hal baik, maka hari hari kita selanjutnya punya kans lebih baik,” kata dr Phaidon dalam rilisnya Jumat (15/10/2010).

Berikut tips sederhana untuk memulai hari:

1. Mulai dengan bersyukur dan berterima kasih.
Bersyukur kepada sang pencipta akan orang disekitar dan kesempatan hari ini. Ucapan syukur akan membuat otak menjadi positif, energi tubuh positif. Efeknya hati yang penuh ucapan syukur akan mencegah produksi hormon kortisol yakni hormon stres yang mengganggu kesehatan apabila berlebihan.

2. Bernapas dalam.
Istilah medisnya pernafasan diafragma alias napas perut atau napas bayi. Napas perut akan menyebabkan napas dalam yang akan menyebabkan paru-paru lebih mengembang.

Sebesar 2/3 bagian bawah paru-paru adalah bagian paling kaya oksigen yang bila mengembang sempurna maka asupan oksigen akan sempurna. Dengan begitu oksigen yang dihirup bisa lebih banyak, otak lebih jernih berpikir, metabolisme lebih baik, dan lebih percaya diri.

3. Jalan telanjang kaki menyentuh tanah.
Jalan kaki tanpa alas akan membantu menyerap energi magnet bumi. Selain itu juga bisa membakar kelebihan lemak di tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah otak yang berarti meningkatkan kreatifitas untuk bekerja.

Nah jika sudah melakukan itu sempatkan untuk menaruh buah-buahan dalam makanan yang dikonsumsi di pagi hari. Kenapa buah-buahan penting?

Karena setiap kontraksi otot, metaboisme, peredaran darah manusia terjadi akibat energi listrik secara biokimiawi. Buah-buahan adalah makanan ‘hidup’ yang kaya akan energi listrik yang membantu semua fungsi tersebut berjalan dengan baik. Tanpa suplai listrik segar, artinya hanya bisa pakai listrik bekas.

sumber : health.detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s