Kenapa Perubahan Cuaca Bisa Bikin Sakit?

Posted: 14 Oktober 2010 in Artikel
Tag:, ,

Perubahan cuaca seperti dari panas ke hujan atau sebaliknya bisa mempengaruhi kondisi tubuh seseorang, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Kenapa bisa seperti itu?

Ini karena tubuh seseorang dirancang untuk berfungsi pada suhu tertentu. Nah, jika terjadi perubahan cuaca biasanya akan disertai dengan perubahan suhu.

Maka itu jika terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba tubuh akan sulit beradaptasi. Padahal adaptasi adalah cara tubuh membangun sistem kekebalan.

Seperti dikutip dari eHow, Rabu (13/10/2010) saat tubuh melakukan adaptasi, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan virus. Hal inilah yang membuat seseorang lebih mudah sakit saat cuaca berubah-ubah.

Misalnya ketika cuaca sedang panas akan menyebabkan penurunan tekanan atmosfer yang menyebabkan timbulnya gejala migrain. Ini karena tubuh akan berusaha untuk tetap berfungsi pada tekanan tersebut dan ketika cuaca berubah maka akan mengakibatkan sistem tubuh harus beradaptasi kembali.

Untuk mencegah tubuh sakit ketika sering terjadi perubahan cuaca adalah dengan mengonsumsi nutrisi yang bergizi, tetap melakukan olahraga secara teratur dan menjaga kebersihan dengan baik.

Kombinasi ketiga hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membuat seseorang terhindar dari penyakit.

sumber : health.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s