Mengenali Produk-Produk Halal

Posted: 6 Agustus 2010 in Berita
Tag:, ,

Di Indonesia, memilih produk makanan, minuman kosmetika hingga produk jasa tak sekadar yang memberi manfaat bagi pemakainya. Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, label halal menjadi hal penting sebelum memilih dan membeli barang.

Bagaimana mengenali produk halal di antara ribuan produk beredar yang ada di sekeliling kita?

Produk halal, menurut Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI tidak sekadar produk fisik. Bahan, proses pembuatan hingga tujuan harus mencerminkan, produk tersebut memenuhi unsur-unsur halal. Bahkan, dalam arti lebih luas, produk halal juga menyangkut etika dalam melaksanakan bisnis dan usaha.

“Halal harus meliputi segala aspek sejak asal mula hingga menjadi produk yang siap dikonsumsi,” katanya pada pembukaan Islamic Festival and Halal Expo 2010 di Balai Kartini Expo Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2010.

Di tengah keprihatinan sebagian besar penduduk Indonesia yang muslim namun tidak memahami produk halal, perlu dikembangkan kesadaran memilih makanan halal. “Label sertifikat halal yang disertakan dalam kemasan produk. Produsen juga harus mencantumkan apakah produk mengandung produk hewani yang haram, halal atau minimal syubhat,” katanya mengungkapkan.

Ia menyarankan agar masyarakat lebih peka dan berhati-hati terhadap produk makanan, minuman, kosmetika, obat-obatan yang tidak mencantumkan label halal yang diakui pemerintah.

Indonesia adalah pangsa pasar produk yang dibanjiri berbagai produk dari berbagai negara. Meskipun jumlah produk halal yang beredar semakin banyak, jumlah produk halal masih terbilang sedikit.

Dari sekitar 30 ribu jenis produk beredar, hanya 9 persen yang memiliki sertifikat halal. Untuk itu, pemerintah melalui lembaga terkait akan menyetop peredaran makanan tanpa label halal dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menyertakan sertifikasi jaminan halal.

sumber : vivanews.com

Komentar
  1. hanihasna mengatakan:

    hmm..sungguh menyedihkan yah…bila yang haram itu masuk ke dalam tubuh kita..dan menjadi daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram dan syubhat… Maka g heran banyak orang muslim yang perilakunya tidak seperti muslim…mungkin salah satu penyebabnya yg satu ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s