3 Kebiasaan Berbeda dari Senin Sampai Jumat yang Bikin Sehat

Posted: 4 Agustus 2010 in Tips dan Trik
Tag:, , , ,

Memiliki pola hidup yang sehat memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi dengan melakukan 3 hal kecil sehari-hari, dapat memberikan efek yang jangka panjang untuk kesehatan seseorang.

Dikutip dari MSNHealth, Rabu (4/8/2010) ada 3 hal kecil kebiasaan yang bisa mengubah kesehatan seseorang, yaitu:

Hari Senin
Ini adalah kesempatan bagi setiap orang untuk memulai minggu dengan komitmen, fokus dan energi. Tiga hal kecil yang bisa dilakukan di hari senin adalah:

1. Mulailah mengatur asupan konsumsi teh dan kopinya setiap hari. Mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi 1-2 cangkir teh atau kopi untuk membantu mempertajam saraf dan juga energi tubuh.

2. Mengonsumsi air yang cukup. Hal ini seringkali didengar oleh masyarakat tapi hanya sedikit yang melakukannya. Mulailah untuk lebih sering mengisi gelas minum di kantor untuk mendapatkan asupan air yang cukup, karena bisa bermanfaat untuk kulit dan juga meningkatkan energi.

3. Mulailah memperbanyak jalan saat pulang kerja. Seseorang yang bekerja di kantor cenderung menghabiskan banyak waktu untuk duduk sehingga aktivitas fisiknya kurang. Karenanya usahakan untuk memperbanyak jalan ketika pulang kerja.

Hari Selasa
Jika hari Senin berjalan dengan sukses, maka hari Selasa sebaiknya digunakan untuk mempertahankannya dan menambahkan beberapa hal kecil lainnya, yaitu:

1. Menjaga kesehatan mulut. Menjaga kesehatan mulut akan memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan kosmetik. Karena bakteri yang berada di dalam mulut dapat memasuki aliran darah sehingga menyebabkan peradangan dan masalah lainnya di dalam tubuh.

2. Mengonsumsi makanan yang bergizi. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya akan serta seperti buah dan sayur memang bermanfaat bagi tubuh. Tapi ada beberapa jenis makanan yang bisa memberikan manfaat lebih banyak, seperti ikan salmon, sarden dan mackerel yang kaya akan omega 3, blueberry, blackberry dan delima kaya akan antioksidan, kacang kenari bisa menurunkan kolesterol dan makanan serat membantu proses pencernaan.

3. Pergi bersama teman-teman. Melewati minggu yang sibuk bisa membuat seseorang menjadi stres, karenanya menjaga pertemanan yang kuat adalah salah satu komponen kunci dari kesehatan mental dan fisik. Karena itu luangkan waktu untuk pergi bersama dengan teman-teman.

Hari Rabu
Hari di tengah-tengah minggu ini adalah waktu yang baik untuk menurunkan stres dan berkumpul kembali.

1. Sempatkan waktu untuk tidur sejenak. Usahakan untuk mendapatkan waktu agar bisa tidur sejenak terutama saat makan siang, karena bisa mengembalikan energi seseorang dan sebagai proses peremajaan. Selain itu orang yang kurang tidur dapat menurunkan produktivitas seseorang.

2. Mengurangi stres. Berada di tengah-tengah minggu yang sibuk dapat membuat tingkat stres seseorang memuncak, hal ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat rentan terhadap penyakit. Karenanya usahakan untuk mempelajari teknik bernapas, bermeditasi, bersantai dan melepaskan rasa cemas dan stres. Salah satu cara yang mudah adalah berendam di kolam air hangat.

3. Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Menjalani pemeriksaan rutin ke dokter atau dokter gigi bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir penyakit serius yang ada di tubuh.

Hari Kamis
Hari yang pas untuk memperpanjang kebiasaan sehat dan meningkatkan koneksi antara pikiran dan tubuh.

1. Memberikan latihan atau senam untuk otak. Jika otak tidak dilatih secara berkesinambungan, maka bisa mempengaruhi kemampuan memorinya. Karena itu tak ada salahnya untuk memberikan latihan bagi otak bisa melalui senam otak (brain gym) atau melakukan permainan sudoku, catur dan teka teki silang.

2. Tidak meninggalkan sarapan. Mengonsumsi sarapan yang benar dapat meningkatkan energi dan konsentrasi sepanjang hari. Tapi jika seseorang tidak sarapan dengan benar, bisa menimbulkan kelelahan, mudah marah dan lamban dalam berpikir.

3. Jangan lupa untuk tertawa. Beberapa studi telah menemukan bahwa tertawa adalah salah satu obat terbaik, karena dapat bermanfaat memberikan efek positif terhadap sistem dan kadar hormon di dalam tubuh serta menurunkan kadar stres seseorang.

Hari Jumat
Bisa jadi hari Jumat adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, tapi beberapa perubahan kecil tetaplah menjadi hal yang penting.

1. Berolahraga. Melakukan beberapa aktivitas fisik seperti ke pusat kebugaran, bermain sepak bola atau berjalan santai sangat baik untuk tubuh, seperti menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan tulang dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Pergi berbelanja bahan makanan. Jika seseorang membeli bahan makanan sendiri, maka ia bisa mengawasi kadar kesehatannya dan tahu bagaimana makanan tersebut diproses. Selain itu cara ini juga bisa mendekatkan seseorang dengan orang-orang disekitarnya seperti keluarga atau teman melalui masak bersama.

3. Memberikan umpan balik untuk diri sendiri. Setelah beberapa hari melewati waktu yang menyibukkan, maka sudah seharusnya tubuh juga mendapatkan umpan balik yang positif. Umpan balik ini bisa menjadi motivator yang kuat dan mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal lebih baik lagi.

Akhir pekan
Gunakanlah akhir pekan untuk berkumpul dengan orang-orang tersayang dan memperkuat perilaku sehat yang sudah dijalani selama 5 hari.

1. Mencari udara segar dengan pergi keluar rumah. Mendapatkan aktivitas di luar ruangan bisa memberikan manfaat karena dapat menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam. Selain itu mendapatkan sinar matahari bisa membantu memberikan asupan vitamin D bagi tubuh.

2. Menetapkan target tujuan seminggu ke depan. Karena orang yang menuliskan tujuan atau target yang harus dicapai dalam seminggu ke depan, maka lebih memungkinkan untuk dilakukan. Selain itu memiliki perencanaan akan membantu seseorang lebih fokus terhadap satu titik akhir.

3. Meluangkan waktu bersama orang yang dicintai. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan dukungan dari keluarga dan orang-orang yang dicintai bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang.

sumber : health.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s